Rabu, 21 Januari 2009

Bersepeda dimusim hujan

Saat ini olah raga bersepeda sedang banyak digemari terutama di daerah pegunungan, karena selain sambil berolah raga bisa sambil rekreasi, menyehatkan dan menyenangkan.

Untuk sebagian orang sepeda juga merupakan alat transfortasi yang murah aman dan sangat ramah lingkungan, karena tidak memerlukan bahan bakar seperti kendaraan lainnya, hanya memerlukan tenaga pesepeda, dan itu membuat tubuh sehat dan bugar, tapi bagaimana jika bersepeda saat musim hujan seperti sekarang?!...

Ada beberapa tips bersepeda di musim hujan agar tetap aman & nyaman

  1. Siapkan jas hujan khusus untuk bersepeda, karena jas hujan ini simpel, fit dengan tubuh yang tidak terlalu menyita gerakan dan tempat pada waktu dipakai atau disimpan, jas hujan ini sangat penting mengingat bersepeda di saat musim hujan membutuhkan kondisi tertentu, sehingga jas hujan yang khusus untuk sepeda sangat menunjang kemanan dan kenyamanan dalam bersepeda.

  2. Tidak membawa bekal yang berlebihan agar tetap bisa menjaga keseimbangan saat bersepeda.

  3. Lindungi tas atau bekal yang dibawa dengan pelindung air (bag cover yang waterproof), atau pergunakan plastik guna membungkus tas sehingga air hujan tidak masuk.

  4. Lumasi bagian rantai atau bagian yang mudah berkarat dengan pelumas, apabila tidak memungkinkan untuk itu, setelah dipergunakan sepeda harus segera dibersihkan minimal di lap sampai kering.

  5. Pergunakan penutup helm (helm cover) supaya air hujan tidak membasahi kepala.

  6. Waspada terhadap jalur yang akan dilewati, terutama apabila terdapat genangan air yang tinggi, hal ini akan sangat membahayakan pada waktu bersepeda.

  7. Pergunakan lampu depan/belakang untuk menginformasikan keberadaan kita di jalan.

  8. Apabila kondisi hujan disertai angin yang kuat, segeralah mencari tempat untuk berlindung yang aman, hal ini dikarenakan sepeda lebih ringan daripada kendaraan lain, sehingga apabila terkena terpaan angin yang kuat dapat mengakibatkan sepeda oleng.

  9. Waspada terhadap petir, jika bersepeda di tempat terbuka, tetapi juga jangan berteduh di bawah pohon atau rumah yang terpencil di ruang terbuka.

  10. Hati-hati menghadapi banjir, karena sepeda tidak dirancang untuk menerobos genangan seperti itu.

Semoga bermanfaat, selalu sehat dan bugar...salam olah raga

1 komentar:

  1. Bersepeda itu memang menyenangkan namun kita harus dalam kondisi yang fit n' fun, karena tanpa kondisi itu tubuh kita malah bisa menjadi sakit.
    Yang harus diperhatikan lagi adalah medan yang akan kita tempuh.
    Apa kita akan mampu melewati medan tersebut?
    Saya sarankan untuk bersepeda dikawasan yang bebas polusi, tidak ramai, dan dengan medan yang tidak terlalu berat dilaluinya misalkan di pesisir pantai.
    Maaf mau tanya nih ma penulis...
    Apa bersepeda bagus untuk wanita?
    Apakah si wanita itu tidak merasa keenakan saat mengayuh sepeda?
    Saya minta penjelasannya dari penulis yang cantik jelita, terima kasih.
    Salam kangen...

    BalasHapus